Sabtu, 26 Januari 2013

Rumah Dua Lantai di Lahan 5x15m

Di lahan 5x15m yang memanjang ke belakang ini klien berharap dapat menampung kebutuhan akan tiga kamar tidur selain ruang tamu, dapur dan ruang makan. Adapun ruang keluarga dan musholla menjadi opsi tambahan bila memungkinkan.

Denah dari klien

Klien sebenarnya memiliki sketsa yang juga mencoba mengakomodir maksud tersebut. Namun dengan berbagai pertimbangan terutama masalah pencahayaan dan penghawaan alami yang terbatas maka saya ubah sebagaimana denah di bawah.

Denah adaptasi

Karena terbatasnya lahan maka tidak semua ruang mendapatkan akses atau dapat berhubungan langsung dengan udara luar. Untuk itu saya memprioritaskan ruang-ruang privat yang cenderung lebih tertutup seperti kamar tidur dan KM/WC.
Kemudian ruang-ruang yang lebih publik sifatnya dirancang secara terbuka dan mengalir. Dengan maksud kesan sempit dan pengap dapat diminimalisir. Bahkan untuk ruang makan yang berdampingan langsung dengan dapur linear di belakang sengaja saya rancang semi terbuka demi memperkuat maksud tersebut. Dengan bukaan yang besar maka taman belakang dapat diambil manfaatnya secara maksimal pula.
Di lantai dua terdapat ruang duduk yang bisa dimanfaatkan juga menjadi musholla. Selain itu di belakang saya alokasikan sebagai dak untuk area cuci dan jemur. Untuk dapat memberi nilai tambah dak tersebut dapat juga dimanfaat sebagai roof garden.


Render perspektif tampilan muka

Terkait dengan tampilan wajah atau fasad klien menginginkan tampilan yang minimalis namun tetap menginginkan unsur alam dan adanya elemen dekoratif bertema flora.
Unsur alam yang coba saya masukkan adalah material batu yang dipasang susun sirih. Alternatifnya bisa juga dengan batu lempeng yang lebih murah. Untuk unsur dekoratif bertema flora saya tampilkan dalam pola bukaan di dinding KM/WC dengan mengambil bentukan daun. Adapun lubang diisi dengan pemasangan kaca es dan pada bagian teratas digunakan sebagai ventilasi.

1 komentar: